My Adventure

6/04/2014

Pantai Sembulang



Pantai Sembulang,Sumber Penghidupan Warga Sembulang Yang Tak Terawat


           Waktu sudah semakin sore, akhirnya tujuan dari perjalanan yang berawal dari Pantai Cakang, Pantai Jabu, diakhiri dengan menuju ke Pantai Sembulang yang berada di Kec. Sembulang. Kecamatan Sembulang merupakan salah satu kecamatan yang ada di Pulau Rempang, Kepulauan Riau. Walaupun kecamatan,tetapi wilayah ini bisa dibilang agak sepi,hanya penduduk sekitar yang tidak begitu banyak jumlahnya yang berada di sini. Kebanyakan warga disini merupakan nelayan,ataupun penjual di warung,Karena Sembulang juga terkenal sebagai pelabuhan utama penyebrangan ke pulau2 sekitar seperti Pulau karas yang banyak penduduknya, Pulau Lampu yang masih kosong dan pulau2 kecil lainnya. Dan tersedia juga Angkutan Umum dari Nagoya yang khusus menuju ke tempat ini setiap harinya.

       Sebelumnya aku sudah mencari informasi tentang letak dan kondisi Pantai Sembulang ini dari internet,dan saya cukup penasaran untuk berkunjung ke sana. Dan keinginan teman2 juga yang ingin berenang di Pantai sore hari,maka kami pun ke sana. Jarak yang di tempuh dari tempat sebelumnya yaitu Pantai Jabun ke Pantai Sembulang tidak terlalu jauh. Nantinya akan ada Petunjuk arah yang menunju ke Kecamatan Sembulang. Dari tempat penunjuk arah itu, memakan waktu hampir 30 menit untuk sampai ke Kecamatan Sembulang.

          Betapa kecewanya kami sesampainya di sana, harapan kami mengunjungi Pantai yang indah pun sirna. Yang ada hanya ada Pantai kosong yang terdapat gazebo kosong, mushola terbengkalai dan sangat tidak terawat. Setelah saya berkeliling sampai ujung Pantai pun saya mendapati Proses pengambilan minyak di daerah ini. Pantas lah kalau Pantai ini sangat kotor dan sangat tidak terawat. Sampah dimana2,dan pantai yang tidak bisa digunakan untuk berenang pastinya.  Sungguh pemandangan yang membuat hati miris,apalagi dengan keadaan yang seperti itu, pantai itu masih menjadi sumber penghidupan bagi warganya.Aku melihat beberapa orang sedang mencari rumput laut saat itu.



          Sungguh sangat di sayangkan, andai saja Pantai itu bisa agak dirawat,pasti lebih bisa untuk penghasilan warganya dari kunjungan orang2 yang datang ke situ untuk berlibur.Dan kami pun pulang mengakhiri perjalanan ini saat matahari semakin terbenam.Sampai jumpa di tempat lainnya,,


 koleksi Foto:









Tidak ada komentar:

Posting Komentar