My Adventure

5/09/2014

Pantai Cakang, Pantai di ujung Barelang



             Mendengar kata Pantai Cakang untuk warga Batam khususnya mungkin banyak yang belum pernah dengar dan bahkan bertanya – tanya dimanakah letak pantai tersebut. Karena memang untuk warga Batam, pantai ini bukanlah termasuk Pantai di sekitar deretan pantai Melayu, Mirota ataupun Melur yang banyak sering di datangi oleh warga Batam sebagai tujuan rekreasi. Letak Panati ini masih di deretan Pantai Barelang, tapi tepatnya di Ujung Barelang yang jauh di sana, yaitu melewati Jembatan 6 Barelang sampai ujung Pulau Galang Baru. Untuk sampai kesana butuh waktu sekitar 2 – 3 jam perjalanan dari Jembatan 1 Barelang.

        Awal Bulan Februari kemarin, Aku dan kelima temanku dalam acara yang nggak jelas juga mau kemana sebenranya. Awal rencana kami akan ke Pulau Bintan dengan menyebrang membawa motor, tapi karena kesalahan informasi yang di dapat, motor kami pun tidak bisa di bawa keluar Batam karena termasuk motor  FTZ (Free Trade Zone) artinya motor kami itu bebas dari pajak, sehingga kalau untuk keluar Batam kita harus membayar pajak harga motor kita sekitar 10% dari harga motor.

           Akhirnya diputuskan kita menuju ke Jembatan Barelang dan mencari pantai yang belum pernah kita datangi sebelumnya. Dan akhirnya semua setuju untuk menuju ke Panati Cakang, Pantai terakhir di rangkaian Jembatan Barelang. Untuk menuju ke sana, benar – benar harus di siapkan motor yang masih bagus mesinnya, karena sebelumnya aku pernah mau ke sana tapi karena yang aku pakai motor lama, jadi motorku mogok di jalan, dan itu nggak banget sumpah, karena bayangin saja, di sana sangat jarang bengkel, paling ada dengan jarak sekitar 1 KM an. Jadi kalau memang motor kita mogok, terpaksa kita harus bersusah payah membawanya sampai bengkel terdekat (seperti yang saya alami sendiri -__-).

         Keadaan pantai ini masih sangat alami dan bagus. Banyak pulau2 kecil di sekitarnya. Walaupun di sebut pantai, tapi Pantai Cakang hanya mempunyai sedikit bibir pantai yang berpasir, dikarenakan juga pantai ini merupakan daerah tanaman bakau, jadi di bibir pantai lebih banyak tanaman bakaunya. Tapi itu nggak mengurangi keindahan dari Pantai ini.




            Pantai ini sebenernya jenis pantai yang mempunyai sedikit pasir untuk bermain, karena lebih banyak karang di pantai ini. Tapi tenang saja,untuk yang ingin berenang, di sini terdapat seperti sebuah kolam yang dibatasi oleh akar tanaman bakau,dan akan terisi penuh saat air sedang pasang, jadi berenang disitu serasa sedang berenang di sebuah kolam. Pantai ini sebenarnya hanyalah sebuah daratan karang, jadi bisa di bilang pantai ini sangat sempit,hanya berupa jalan lurus seperti taman yang ujungnya berupa karang yang sudah bertemu laut lepas.



            Untuk yang ingin mengunjungi Pantai ini, di harapkan bisa menjaga kebersihan dan kemurnian tempat ini. Jangan sampai tempet ini menjadi seperti pantai2 lain yang sudah kotor lingkungannya karena pengunjung yang suka membuang sampah sembarangan dan merusak alam yang ada. Harapannya ke depan, Pantai Cakang lebih dikenal orang lagi, tetapi dengan masih menampilkan keindahannya.

Koleksi Foto :








Tidak ada komentar:

Posting Komentar